Kamis, 23 April 2009

Grand Launching

Alhamdulillah, sudah launching juga web www.rumahpuspa.blogspot.com
Udah diemail ke calon reseller... (siapa tau ada yg berminat) dan sudah di woro2 ke FB....
Oh iya tadi ada postingan bagus di tda.... untuk bahan pembelajaran
Begini nih....

Pak Ferry meski saya juga belum lama berkecimpung di toko online, tetapi
saya memiliki beberapa tips agar pengunjung percaya dan tidak ragu
berbelanja ke toko online kita.

1. Pasang nama kontak, nomer telepon dan alamat yang jelas. Cara ini
memungkinkan agar pengunjung makin yakin dan percaya bahwa toko kita ada
secara fisik (meskipun alamatnya adalah alamat rumah). Beberapa toko
online memang ada yang memasang alamat email saja, tentu saja hal ini
mengurangi kredibilitas kita sebagai pemilik toko.

2. Pasang denah dan foto dari tempat usaha kita (kalau ada). Foto dan
denah adalah bukti otentik sekaligus sarana promosi yang ampuh. Lagipula
buat konsumen yang dekat dengan alamat kita, mereka kadang ingin datang
sembari lewat sehabis pulang kerja sekaligus mengecek lokasi dari alamat
kita.

3. Cantumkan garansi uang kembali.
Jangan takut kita dirugikan oleh pemasangan label garansi. Tak
dipungkiri akan ada saja orang yang nakal dan mencuri-curi kesempatan
misalnya dengan tidak mengembalikan produk yang sudah kita kirimkan
(misalnya bila kita memberi layanan coba pakai). Tidak apa -apa. Namun
bila konsumen merasakan bahwa garansi yang anda cantumkan ternyata benar
adanya, saya yakin mereka akan menjadi public relation dan iklan
berjalan yang baik bagi bisnis kita. Saya sendiri pernah mengalami
karena produk yang dipesan sedang habis stok, saya akhirnya kembalikan
semua uang yang sudah saya terima. Bagi saya meskipun ada waktu dan
tenaga yang terbuang, tetapi kepercayaan tetaplah harus menjadi
prioritas utama untuk dijaga. Beberapa waktu lalu saya membaca posting
di salah satu milis yang mengajak anggota milis tersebut untuk tidak
berbelanja di toko online tertentu. Wah ...kalau ada yang seperti ini di
toko kita, bisa dibayangkan deh dampakanya.

4. Pasang testimoni dari konsumen yang sudah berbelanja.
Semakin banyak testimoni yagn bisa anda kumpulkan makin besar tingkat
kepercayaan konsumen kepada anda. Apalagi Anda bisa menggaet publik
figur untuk bertestimoni di tempat anda. Wah ....promosi yang bagus
sekali tuh.

5. Penuhi janji.
Jangan coba-coba mengelabui pembeli dengan mengganti produk yang dipesan
dengan produk sejenis (misal karena produk yang dipesan habis). Kalaupun
terjadi, pemesan harus diberi tahu terlebih dahulu dan ditawari
penggantiannya, apakah bersedia atau tidak. Bila produk anda sudah
cacat (misal barang bekas) jelaskan pula kondisi barang seperti apa
adanya misal dengan menyebut kondisi 80 %, 90 %, dan lain-lain. Usahakan
pula tepati jangka waktu pengiriman barang sesuai dengan yang anda
sebutkan di toko anda.

6. Tawarkan cara pembayaran yang beragam.
Selain melalui transfer antar bank, tawarkan pula cara pembayaran Cash
On Delivery yaitu pembayaran ketika barang diterima oleh pembeli. Cara
ini cocok bila anda memiliki kurir khusus yang mengantarkan barang ke
pembeli. Berikan kesempatan kepada pembeli untuk melihat kondisi barang
dan anda tinggal menyodorkan faktur pembayaran yagn sudah disiapkan.

Semoga bermanfaat dan selamat berbisnis Pak Ferry

Salam

Nanang

0 komentar: